sweet

Thursday, March 22, 2012

PENGARUH SAKIT DAN CACAT TERHADAP TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA


Sakit yang serius atau cacat jangka panjang dari seorang anggot keluarga sangat mempengaruhi keluarga dan fungsi keluarga, karena perilaku keluarga sangat mempengaruhi perjalanan dan karakteristik sakit atau cacat amat mempengaruhi perkembangan keluarga dan perkembangan anggota keluarga secara individual, khususnya anggota keluarga yang sakit atau cacat. Seringkali bila keluarga lambat dalam memenuhi tugas-tugas perkembangannya, interaksi dari tuntutan atu stresor perkembangan dan tuntutan situasi memperburuk dan membebani keluarga. Stress tambahan yang ditimbulkan oelh kehadiran kedua jenis stresor tersebut sering menurunkan fungsi keluarga, akibatnya penguasaan tugas-tugas perkembangan terhalang atau terhambat.
Sejauh mana tugas-tugas perkembangan dipengaruhi terghantung pada beberapa faktor. sudah tentu yang pertama adalah tahap siklus kehidupan keluarga. Kedua adalah anggota keluarga menjadi sakit serius atau cacat sehingga menciptakan suatu perbedaan. Beberapa tahap siklus kehidupan tertentu mempunyai bahaya dalam hal perkembangan dan individu-individu tertentu dalam keluarga lebih terpusat dalam hubungannya dengan tugas-tugas perkembangan keluarga dari tahap perkembangan tertentu. Misalnya dalam sebuah keluarga dengan remaja, jika remaja itu menderita cedera serius dan berada dalam keadaan tidak mandiri, ini sangat menghambat penguasaan tugas-tugas perkembangan oleh remaja tersebut karena lebih tergantung pada keluarga. Demikian juga dengan tugas perkembangan yang menangani kebebasan berimbang dengan rasa tanggung jawab sehingga membantu remaja ini agar lebih otonom akan terhambat juga. Tantangan bagi keluarga adalah berupaya untuk memulai lagi memperhatikan tugas-tugas perkembangan normal secepat mungkin.
Faktor penting lain yang menciptakan perbedaan mengenai dampak sakit atau cacat terhadap perkembangan keluarga adalah sumber-sumber formal dan informal yang digunakan oleh keluarga. Sebuah sistem sosial yang baik dari keluarga besar dan teman-teman dan juga dukungan psikososial dan kesehatan yang kompeten akan memperbesar kemampuan keluarga untuk kembali pada jalur perkembangan dengan lebih cepat.
Bila bekerja dengan sebuah keluarga dengan sakit yang serius dan cacat adalah sangat bermanfaat untuk membandingkan tugas-tugas perkembangan keluarga yang “ideal”dalam suatu tahap siklus kehidupan yang sesuai dengan laku keluarga yang aktual (Friedman, 1987). Tipe perbandingan ini bermanfaat untuk mengevaluasi dampak yang mungkin dari sakit atau cacat pada keluarga.

No comments:

Post a Comment