sweet

Friday, February 24, 2012

SILIKOSIS


Menurut International Labor Organization(ILO), setiap hari terjadi 1.1 juta kematian yang disebakan oleh karena penyakit atau kecelakaan akibat hubungan pekerjaan. Dari data ILO tahun 1999, penyebab kematian yang berhubungan dengan pekerjaan paling banyak disebabkan oleh kanker 34%. Sisanya terdapat kecelakaan sebanyak 25 %, penyakit saluran pernapasaan 21%, dan penyakit kardiovaskuler 15%. Dari data-data tersebut dapat diketahui bahwa penyakit saluran pernapasaan menempati peringkat ketiga.
Salah satu penyakit saluran pernapasan yang berbahaya adalah pneumokoniosis. Pneumokoniosis adalah penyakit pada paru-paru yang kebanyakan disebabkan oleh debu-debu mineral. Pnemokoniosis sendiri terjadi dar berbagai jenis seperti silikosis,asbestosis,bagassosis, dan antrakosilikosis. Di sini penulis akan memberikan penjelasan mengenai silikosis.

Definisi
Silikosis adalah suatu pneumokoniosis yang disebabkan oleh inhalasi partikel-partikel Kristal silika bebas (SiO2). Yang termasuk dengan silika bebas adalah kuarsa,tridimit dan kristobalit. Silika adalah Kristal yang sangat keras yang biasanya menempel di batu atau tanah atau terdapat ada juga yang terdapat di udara bebas.

Sumber silika dan pekerja bekerja silikosis
Silika bebas biasanya terjadi karena peledakan,penggerindaan, penghancuran,pengeboran,dan penggilingan batuan. Bisa juga terdapat dari usaha komersial yang menggunakan granit,batu pasir serta pasir giling atau pembakaran diatomit. Oleh karena silika bebas terdapat pada batu, maka pekerja yang berisiko terkena silikosis adalah para penambang dan ekstraksi batu-batu keras,pekerjaan teknik sipil dengan batu keras,penghalusan serta pemolesan batu,percetakan,pembentukan, dan penyemprotan pasir di tempat pengecoran dan pembersihan bangunan. Juga terdapat pada pengerokan wadah rebus,pabrik keramik,porselin dan enamel,serta pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan pasir sebagai amplas.

No comments:

Post a Comment